Museum Jenang Punya Dua Koleksi Baru

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 19.27


VEGA MA’ARIJIL ULA/RADAR KUDUS

REPLIKA BARU: Pengunjung  melihat koleksi terbaru Museum Jenang dan Gusjigang kemarin.


KOTA, Radar Kudus - Museum Jenang Kudus meresmikan dua tempat baru. Yakni Replika Stasiun Kereta Api Kudus dan Ruang Perpustakaan Darussalam RMP. Sosrokartono. Replika tersebut dibangun dalam kurun waktu tiga bulan. Kedua ruangan tersebut terletak di area Omah Kapal.

Replika Stasiun Kereta Api Kudus itu berada di sebelah timur. Replika itu dibuat mirip aslinya seperti yang berada di Desa Wergu Wetan. Ada tiga kereta. Menariknya, Replika Kereta Api Kudus itu dibuat sendiri. Pembuatnya bernama Hadi Dahlan (Mbah Dahlan) asli Kudus. Sedangkan perpustakaan Sosrokartono dibuat oleh Saryono, seniman asal Jogjakarta yang sudah lama di Kudus.

Salah satu pengunjung yang melihat Replika Kereta Api Kudus itu bernama Aang Supriyadi. Dia berasal dari Demak. Dia kagum dengan Replika Kereta Api Kudus. ”Replikanya bagus. Baru lihat pertama kali ini. Terakhir tiga bulan lalu belum jadi, jelasnya. Dia juga mengagumi ruang perpustakaan Sosrokartono.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Aulia Nur Inayah. Perempuan asal Jepara itu baru pertama kali melihat Replika Kereta Api Kudus. ”Saya terkesima. Ini baru pertama kali kesini. Terkesima karena bagus dan unik,” jelasnya.

Aulia menambahkan, menurut dia Museum Jenang ini dapat menjadi tempat edukasi. Dia berharap semoga koleksi di Museum Jenang bisa ditambah lagi.

Manajer Marketing Museum Jenang dan Gusjigang Muhammad Kirom ingin mengenalkan spot-spot Kudus tahun lalu agar masyarakat bernostalgia. ”Kami ingin menunjukkan landmark Kudus zaman dahulu. Mulai dari Stasiun Kereta Api Kudus dan Perpustakaan Sosrokartono agar pengunjung tahu sejarah Kudus tempo dulu,” jelasnya.

Dia menambahkan, dua replikanya itu dikerjakan dalam waktu tiga bulan. Dia juga ingin membangkitkan semangat warga Kudus dengan tahun-tahun tersebut. ”Untuk generasi saat ini juga bisa muncul kebanggan bisa tahu bahwa Kudus punya Kereta Api. Apalagi katanya nanti Kudus akan dibangun Kereta Api,” sambungnya.

Menurut dia, Stasiun Kereta Api itu dibuat mirip aslinya. Pun dengan Perpustakaan Darussalam Sosrokartono. Lewat perpustakaan itu, pihaknya ingin mengenalkan soal sosok kakak kandung R.A.Kartini. Yang dijuluki si jenius dari Timur. Saat itu Sosrokartono menjadi juru bahasa Liga Bangsa-bangsa karena menguasai 35 bahasa. Serta menjadi wartawan perang asal Indonesia yang pertama.

Dia berharap kalangan wisatawan dapat menikmati dan menyukai dua koleksi baru. ”Harapannya bisa menambahkan pengetahuan soal kekayaan kota Kudus kepada masyarakat, serta bisa meneladani sosok Sosrokartono,” harapnya. (vga)

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com