Modernisasi Bali United

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 03.17


Oleh: Vega Ma’arijil Ula
            Sepakbola modern tentu sudah tidak asing lagi bagi tim-tim benua biru. Namun di era yang serba modern ini kita patut berbangga sebagai warga negara Indonesia, utamanya bagi anda yang tinggal di daerah Bali. Selain potensi alamnya yang kerap menjadi destinasi wisata, Bali kini telah memiliki klub sepakbola. Klub tersebut bernama Bali United yang sebelumnya bernama Persisam Putra Samarinda. Bali United kini resmi terdaftar sebagai klub lokal Indonesia setelah klub lokal asal Gianyar ini diakui oleh PSSI pada kongresnya beberapa bulan lalu. Klub yang bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta ini sejatinya baru berumur dua tahun. Akan tetapi saat melihat track recordnya tentu sudah layak disebut klub modern.
            Seperti klub-klub benua Eropa, Bali United memiliki gaya bermain ball posession yang mengandalkan permainan bola-bola pendek dari kaki ke kaki. Formasi yang diterapkan juga fleksibel, mulai dari 4-1-4-1 hingga 4-2-3-1 yang dapat berubah meenjadi 4-3-3. Sebuah pola yamg kerap mengandalkan permainan bola pendek dan menyerang melalui sisi sayap. Dalam segi bertahan, formasi 4-1-4-1 dan 4-2-3-1 merupakan upaya menumpuk pemain tengah guna melakukan pressing terhadap lawan. Sebuah taktik yang dianut oleh Indra Sjafri (saat masih menjadi Coach Manager Bali United) diyakini sebagai adaptasi dari pelatih Pep Guardiola. Bahkan formasi tersebut terbilang akurat karena berhasil membawa Timnas U-19 dibawah asuhan Indra Sjafri menjuarai Piala AFF U-19 di tahun 2013, serta berhasil mengantarkan Pep Guardiola meraih gelar bersama Barcelona meraih Liga Champions di tahun 2008/2009 serta meraih gelar Bundesliga bersama Bayern Muenchen.
            Diluar lapangan,Bali United sebagai klub masa kini telah memiliki merchandise store sendiri, bak klub-klub Eropa, yang diberi nama Bali United Store; yang didalamnya menjual segala merchandise mulai dari gelang, stiker, kalung, gantungan kunci, botol minuman, polo shirt, topi, syal, hingga jersey original. Semuanya tersedia guna mendongkrak pendapatan klub selain pemasukan melalui tiket pertandingan, dan tentunya guna memenuhi antusiasme supporter Bali United. Tak hanya dijual secara offline, pihak marketing Bali United juga menjual secara online melalui Web Bali United, Instagram, WA dan BBM. Bali United yang baru berusia muda patut diacungi jempol. Pasalnya tim kebanggan masyarakat Bali telah memiliki Bali United TV yang menayangkan persiapan tim, wawancara pemain, kegiatan pemain diluar lapangan dan masih banyak lagi. Bali United tidak hanya memiliki supporter yang begitu banyak yang dikenal dengan sebutan Semeton Dewata (kawan Dewata atau saudara Balii) melainkan juga memiliki banyak sponsor yang menghiasi jersey mereka sebut saja Indofood, Archiles, Mobil, Bank INA, Ycab, Corsa, Tora Bika, ACA Asuransi, Anker Sport, dan resto bebek dinner. Tentu sponsor tidak datang begitu saja, melainkan lahir dari kerja keras tim marketing beserta datangnya pemain bintang seperti Irfan Bachdim, Yandi Sofyan, Taufiq, Dias Angga, Ngurah Nanak, dan masih banyak lagi.
            Bali United juga mendukung kegiatan pengembangan pemain muda melalui sebuah kerjasama dengan PSG Academy. Tak hanya itu, Bali United juga memiliki akademi di luar Bali dan juga telah memiliki Bali United U-17 dan Bali United U-23. Harapannya tentu bakat-bakat muda dapat berlatih sesuai kurikulum Eropa ditambah dengan metode kepelatihan kelas wahid dengan harapan bibit muda akan terus berkembang dan menjadi tulang punggung Timnas Indonesia. Dalam metode latihannya, Bali United juga memili alat pelontar bola guna melatih kiper saat menghadapi tendangan lawan. Kabarnya alat tersebut bernilai 250 juta. Sebuah mahar yang harus dibayar guna meraih prestasi. Selanjutnya, guna mendekatkan diri kepada fans, Bali United memiliki kanal youtube, medsos, dan web. Kemudian, tim kreatif juga memiliki area videografer, fotografer, dan design yang dapat dimanfaatkan oleh fans agar lebih dekat dengan klub.


            Tak sampai disitu, Bali United juga menjalin CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) yang agendanya adalah aksi sosial klub, gerakan sejuta bola, coaching clinic, dan Bali United Goes to School. Segala hal yang dilakukan oleh semua pihak dibalik Bali United patut diapresiasi, karena segalanya dapat menjadi contoh untuk modernisasi dan perkembanagan sepakbola di Indonesia kearah yang lebih baik.

  • Share:

You Might Also Like

1 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com