Piala Dunia Antar Klub Masih Menarik

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 19.47


Oleh: Vega Ma’arijil Ula
            Piala Dunia antar klub FIFA adalah kompetisi resmi yang diadakan oleh FIFA guna mempertemukan klub-klub yang berhasil menjadi juara di masing-masing benua. Piala Dunia antar klub berdiri di tahun 2000, dimana sebelumnya bernama kejuaraan Dunia antar klub FIFA.
            Meski berlabel Piala Dunia antar klub, kompetisi ini kurang mendapatkan tempat dimata penggemar sepakbola. Pasalnya, turnamen Piala Dunia antar klub dirasa tidaklah penting. Apalagi juaranya selalu dari benua biru, kecuali ditahun 2012 saat Chelsea ditumbangkan oleh Corinthians pada pastai final. Bagi tim-tim benua biru, berlaga di Piala Dunia antar klub tidaklah penting karena hanya buang-buang waktu dan kebugaran pemain.
            Tak hanya itu, berlaga di Piala Dunia antar klub dianggap mengganggu kondisi fisik para pemain dari klub-klub Eropa. Bahkan tak jarang banyak pemain dari klub-klub Eropa. Bahkan tak jarang banyak pemain mengalami cedera saat bertanding di turnamen ini. Di tahun 2011 lalu, pemain Catalan FC Barcelona harus kehilangan pilarnya yang tak lain adalah David Villa. Villa mengalami cedera saat Barcelona meladeni Al Sadd, lima tahun yang lalu.
            Faktor lain yang menjadi alasan adalah jadwal turnamen yang tidak tepat. Hal ini dikarenakan masing—masing liga top benua Eropa sedang dalam pagelaran kompetisi domestiknya. Para penggemar bola tentu akan lebih tertarik dengan pagelaran  liga domestik benua biru ketimbang harus menyasikkan Piala Dunia antar klub. Berbeda dengan benua Eropa, di benua Asia, Australia dan Amerika Selatan, kompetisi lokalnya sedang libur. Sehingga momen pagelaran Piala Dunia antar klub dirasa tepat.
            Jika hal serupa diterapkan pada klub-klub benua biru, tentu pecinta sepakbola diseluruh jagad raya akan berfikir dua kali apabila melewatkan Piala Dunia anatar klub. Hal ini cukup beralasan mengingat klub-klub Eropa memiliki daya tarik tersendiri di kalangan pecinta sepakbola.
            Ada alasan lain yang juga menjadi pemicu minimnya sorotan pada ajang Piala Dunia antar klub yang tak lain adalah klub-klub selain dari benua Eropa bukanlah klub yang memiliki nama besar atau sebutannya kurang terkenal.

            Oleh karena iitu, perlu ada perbaikan dari segala sudut terkait tuurnamen Piala Dunia antar klub. Turnamen yang digaagas oleh FIFA seharusnya mempunyai label kelas atas yang artinya tidak boleh luput dari pandangan pecinta sepakbola jagad raya. Dengan kata lain, Piala Dunia antar klub masih menarik.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com