Artikel Opini - Dampak Britain Exit di Indonesia

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 18.48


Oleh: Vega Ma’arijil Ula

            Beberapa bulan yang lalu ramai perbincangan soal “Brexit”. Apa itu “Brexit” dan apa dampaknya bagi negara-negara lain termasuk Indonesia? Mari kita simak bersama. Sebelum berjalan lebih jauh, perlu kita ketahui terlebih dahulu istilah “Brexit”. “Brexit” adalah singkatan dari Britain Exit yang artinya Britain atau Inggris keluar dari Uni Eropa, dimana Uni Eropa tersebut merupakan Organisasi antar pemerintah yang beranggotakan negara-negara Eropa.
            Ada istilah yang harus kita ketahui juga yaitu referendum “Brexit” yang artinya berupa forum pemungutan suara dari seluruh publik Inggris, Irlandia Utara, Wales dan Skotlandia yang nantinya akan memutuskan bahwa Inggris akan keluar atau tetap berada di Uni eropa.
            Negeri Ratu Elizabeth tentu sudah memiliki pertimbangan terkait dengan hal ini, terlepas keputusan tersebut menjadi pro dan kontra. Inggris merasa bahwa kebijakan Uni Eropa mengekang kebijakan negaranya. Kemudian adanya tarikan dana oleh Uni Eropa kepada Inggris sebagai biaya keanggotaan dengan jumlah yang tidak sedikit bahkan Miliaran dollar. Pertimbangan selanjutnya dikarenakan ada kebijakan yang disusun oleh Uni Eropa bertajuk “Free Movement” dimana diatur bahwa Imigran yang nantinya datang, akan menetap di Inggris.
            Takk semudah membalikkan telapak tangan, Inggris juga harus berfikir kembali. Pasalnya, dari segi ekonomi akan banyak warga pendatang yang nantinya akan hengkang. Perlu diketahui bahwa mereka yang datang, mayoritas bekerja sebagai pelayan restoran. Hal ini mengingat bahwa tidak adanya warga Inggris yang mau menjadi pekerja kecil seperti pelayan. Sebagai hasilnya tentu akan berpengaruh pada perlambatan perekonomian.
            Melaju lebih jauh, pasar Eropa mayoritas menggunakan produk yang notabene dari Amerika Serikat, sehingga akan ada dampak bagi perusahaan-perusahaan tersebut. Pada sektor penukaran mata uang dari Poundssterling dan Euro kedalam dollar AS akan dimanfaatkan oleh investor guna mendorong nilai tukar dollar AS menjadi semakin tinggi. Namun AS sendiri juga harus berfikir apabila nilai mata uang menguat, harga ekspor tentu akan meninggi.
            Lantas apa dampaknya bagi Indonesia yaitu ekonomi Indonesia akan tersendat sementra waktu.  Mengutip dari Deputi Gubernur Bank Indonesia, Perry Warijoyo “Brexit” akan berpengaruh besar bagi perekonomian global, namun tidak untuk Indonesia yang merupakan negara berkembang karena dampaknya tidak signifikan, hal ini dikarenakan Indonesia masih didominasi asing. Mengutip dari Wakil Presiden Jusuf Kalla, meskipun tidak berdampak besar bagi Indonesia, Jusuf Kalla mengatakan bahwa “Brexit” akan memberikan sentimen negatif bagi investor asing yang menanamkan modalnya di Inggris, dalam hal ini termasuk investor asal  Indonesia Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga  mengutarakan bahwa hubungan bilateral Indonesia dengan Inggris akan tetap berjualan sebagaimana mestinya.

VEGA MA’ARIJILULA

ALUMNI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com