Langkah Awal Seorang Jurnalis

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 09.53

Oleh : Vega Ma'arijil Ula

Hujan turun lagi malam ini, seperti biasanya aku hanya duduk dikursi sambil bermain laptop. Secangkir kopi hangat dan sepotong kue menjadi temanku malam ini. Didepan laptop kutulis beberapa puisi dan berbagai cerpen yang nantinya akan kukirim ke berbagai redaksi sebagai langkah awal menjadi seorang Jurnalis. Awalnya aku tak suka menulis, terus terang saja aku lebih suka membaca buku. Namun, ketika kubertanya ke beberapa orang  yang telah menggeluti bidang Jurnalistik, mereka berkata kepadaku bahwa langkah awal yang mereka lakukan adalah dari menulis. Mereka berkata bahwa dengan latihan menulis kita dapat terbiasa merangkai kata dan memilih diksi yang tepat untuk dijadikan berita yang nantinya orang yang membaca seakan larut didalamnya.
Sebagai seorang Jurnalis, didalam menuliskan suatu berita perlu banyak latihan dalam hal menulis guna menentukan diksi atau lead sebuah berita. ''cobalah tulis apapun yang ada dipikarnmu, maka kamu akan terbiasa menuangkan emosi yang ada dipikiranmu, selain itu cobalah tuk mengirimkan puisi, cerpen atau apapun ke redaksi, hal itu sangat penting untuk melatih skill menulis. Karena biasanya redaksi akan memberikan saran jika karya yang kita kirim tidak diterima. Saran-saran itulah yang akan kita gunakan sebagai koreksi kita saat menulis". Oleh karena itu, mulai sekarang kucoba tuk belajar menulis.

  • Share:

You Might Also Like

2 komentar

  1. Buat kalimat ini, "yang nantinya orang yang membaca seakan larut didalamnya" mending diubah jadi "Yang nantinya bisa membuat orang-orang yang membacanya seakan ikut terhanyut ke dalamnya"
    Terus kata perlu di kalimat ini "perlu banyak latihan dalam hal menulis guna menentukan diksi atau lead sebuah berita", akan jadi lebih baik kalo d ganti "diperlukan"

    BalasHapus

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com