Jenis Wawancara

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 18.41

Oleh : VMU (dengan referensi buku panduan menulis berita (Jurnalistik) )


Jenis Wawancara

  1. Wawancara Berita Faktual yaitu Wawancara dengan seseorang untuk mendapatkan tanggapan tentang sesuatu permasalahan yang sedang hangat.
  2. Wawancara Pribadi yaitu Wawancara untuk mengorek pandangan dan kehidupan pribadi seseorang yang terkait dengan sebuah masalah.
  3. Wawancara Biografi yaitu Wawancara yang mengungkapkan perkembangan serta karya-karya seseorang dengan karakteristik pribadi dan falsafah hidupnya.
Wawancara Menurut Suasana
  1. Wawancara Diagendakan yaitu Wawancara yang sudah direncanakan antar wartawan dengan sumber berita dengan tempat dan waktu yang sudah ditentukan.
  2. Wawancara Insidentil yaitu Wawancara yang tidak terencana karena wartawan bertemu sumber berita secara mendadak.
  3. Wawancara bersama yaitu Wawancara terhadap tokoh yang jadi pusat berita dengan banyak wartawan dalam suasana tidak formal.
  4. Jumpa Pers  yaitu Kegiatan pemberian keterangan kepada wartawan oleh sumber berita di tempat dan waktu yang sudah ditentukan ketika sumber berita bertemu langsung dengan wartawan dalam suasana yang terbuka.
  5. Wawancara Jalanan yaitu Wawancara yang dilakukan terhadap sumber berita dari masyarakat kebanyakan ditempat dan waktu yang tidak ditentukan.
  6. Wawancara Telepon yaitu Wawancara antara sumber berita dengan wartawan melalui pesawat telepon untuk mendapat informasi penunjang yang cepat dan mendesak.

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com