Merah Hitam, Kilpin, 117 AC Milan

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 04.51


Oleh: Vega Ma’arijil Ula
           
            Tokoh Proklamasi Bung Karno pernah berkata soal “Jas Merah”, ungkapan yang apabila dipanjangkan menjadi “Jangan Pernah Melupakan Sejarah”. Sebuah ungkapan yang seharusnya patut kita pegang dan praktekkan. Tak terkecuali dalam urusan kulit bundar. Setiap klub memiliki “History”-nya masing-masing. Begitu juga dengan AC Milan. Sebuah klub yang berdiri 117 tahun silam lengkap dengan corak merah-hitam ini berdiri karena ada inisiatif dari perantau asal Inggris bernama “Herbert Kilpin”. Sebuah obrolan yang ia gaungkan bersama kelima orang temannya disebuah kedai Fiascheterria Toscana. Melalui goresan pensil, gagasan demi gagasan digaungkan bersama teman-temannya yang seorang pekerja di sebuah pabrik tekstil.
            Kilpin sendiri merupakan salah satu pemuda asal negeri Elizabeth yang turut andil saat mendirikan AC Milan. Sebuah hal yang tak pernah ia sangka bahwa klub yang ia rintis bersama rekan-rekannya 117 tahun silam bakal berkembang menjadi Il Club Piu Titolato Al Mondo yang apabila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti klub pemilik titel terbanyak di dunia. Mimpi Kilpin pun terwujud.
            Kilpin yang sejatinya lahir di Nottingham  merupakan konstruksi awal sepakbola Italia. Kilpin adalah pendiri, pemain sekaligus kapten edisi pertama bagi Milan. Ia menjelaskan bahwa merah adalah api, sedangkan hitam guna menakuti lawan.  Melalui buku yang berjudul Lord of Milan karangan Robert Nieri, Kilpin adalah revolusi sepakbola primitif klub-klub Italia. Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa Kilpin tak dibekali tehnik terbaik, namun dirinya adalah pekerja keras.
            Namun ada hal yang tak patut dicontoh dari dirinya, adalah hobi minum alkohol.  Meski demikian, ia selalu menekankan perihal formasi, taktik, diet, dan latihan kebugaran. Kilpin adalah sosok yang penuh semanagat dan inovatif. Kini, Milan dan gagasan Kilpin telah berusia 117 tahun.

            

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com