Kudus tak melulu soal kretek

By vegaensiklopedia10@gmail.com - 06.34

Tema: Kudus membangun



Kudus tak melulu soal kretek
Oleh: Vega Ma’arijil Ula

Apa yang terpikir di benak anda saat berbicara tentang Kudus? www.murianews.com Kudus semarak, Kudus kota kretek, menara Kudus dan lain sebagainya. Berbicara tentang Kudus memang tak akan ada habisnya, hal ini terbukti dari keanekaragaman seluk beluk kota Kudus dari berbagai segi, seperti perekonomian, infrastruktur, transportasi, pendidikan, layanan kesehatan, dan lain sebagainya.
Dalam kesempatan kali ini saya tidak akan berbicara seluk beluk kota Kudus, melainkan secara spesifik saya akan mengangkat makanan tradisional khas Kudus. Lentog. Masyarakat yang tidak berdomisili di Kudus tentunya merasa asing dengan makanan khas kota Kretek ini, namun bagi masyarakat asli Kudus tentunya sudah tak asing lagi. Sajian kuliner ini banyak dijajakan di kota kudus. Lentog sendiri terdiri dari campuran berbagai macam sayur-mayur, seperti sayur kotho'an yang terbuat dari kombinasi tahu, tempe, dan santan, serta sayur nangka yang dipotong lembut, santan, dan yang terakhir tentunya diberi sambal sebagai penambah rasa pedas.
Dewasa ini, Lentog Tanjung dapat ditemui hampir di setiap pelosok sudut kota Kudus, namun jika ingin menikmati lentog yang benar-benar khas, masyarakat bisa singgah ke desa Tanjung, Kudus. Dimana di desa tersebut terdapat lebih dari sepuluh kios yang berjajar rapi khusus menyajikan menu lentog tanjung. Biasanya lentog tanjung hanya bisa ditemukan mulai pagi hari sampai siang hari, lebih tepatnya sekitar pukul enam pagi hingga pukul sebelas siang setiap harinya. Namun, di saat weekend, masyarakat harus sedikit bersabar untuk menikmati makanan legenda ini, karena saat liburan atau weekend biasanya pengunjung meningkat hampir dua kali lipat dari biasanya.
Melalui artikel ini, saya berharap agar masyarakat Kudus terus bahu-membahu melestarikan hal-hal tradisional yang ada di kota Kudus ini. Kudus tak melulu soal kretek, Kudus tak melulu soal wisata religi, namun Kudus juga punya sisi kuliner yang patut di lestarikan. Sudah sepantasnya kita bangga memiliki makanan khas yang khusus lahir di kota kudus ini. Jaya terus kota Kudus, semoga di hari jadinya ini, Kudus semakin maju dan berkembang. Di Kudus, kita jaya.  www.murianews.com

#Kudusmembangun
www.murianews.com 
Foto: google
 

  • Share:

You Might Also Like

0 komentar

Contact

Whats App
085640127128

Email
vegaensiklopedia10@gmail.com